Temu Karya Karangtaruna Samudrayasa Tidak Lama Lagi

Administrator - R-na 28 Februari 2019 14:13:36 WIB

Segoroyoso – (28/2/2019) Karangtaruna adalah salah satu lembaga kemasyarakatan desa merupakan pilar penting dalam menunjang kemajuan desa karena usia anggota karangtaruna adalah usia yang masih produktif dimana anggota karangtaruna adalah pemuda yang berusia 11 hingga 45 tahun. Meskipun pada kenyataannya tidak semua pemuda yang berusia 11 hingga 45 tahun tersebut tergabung menjadi pengurus karangtaruna desa. Namun demikian setiap pemuda diharapkan peran serta dan partisipasinya di berbagai bidang untuk menunjang kemajuan desa.

Dalam keanggotaannya Karangtaruna Samudrayasa Desa Segoroyoso memiliki jumlah anggota 70 orang. Jumlah ini sesuai dengan yang tertuang dalam SK Lurah Desa Segoroyoso Nomor 3/III/2016 tertanggal 19 Maret 2016. Hal ini menunjukkan jika kepengurusan Karangtaruna Samuderayasa periode 2016 - 2019 akan segera berakhir.  Dengan berakhirnya periode 2016 - 2019 harus segera diikuti dengan kepengurusan periode berikutnya. Sehingga tidak lama lagi Karangtaruna Samudrayasa akan mengadakan Temu Karya Karangtaruna Samudrayasa untuk menyusunan kepengurusan periode mendatang.

 

Selama kurun waktu periode 2016 - 2019 Karangtaruna Samuderayasa berperan aktif dalam mengikuti kegiatan Karangtaruna baik yang ada di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. Di tingkat desa sebagai Panitia Festival Takbir Keliling Idul Adha untuk setiap tahunnya. Pada tahun 2016 menjadi tuan rumah kunjungan silaturahmi Karangtaruna DIY yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum Karangtaruna DIY GKR Condro. Event besar HKSN yang merupakan kegiatan rutin tahunan dari Dinsos P3A Bantul pada tahun 2016 dilaksanakan di Desa Segoroyoso dengan panlok Karangtaruna Samudrayasa. Bulan Bhakti Karangtaruna dan apel siaga yang diadakan oleh Karangtaruna Kabupaten Bantul pun Karangtaruna Samudrayasa juga berpartisipasi aktif. Termasuk pada Temu Karya Karangtaruna Kabupaten Bantul 2019 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 juga berperan aktif mengirimkan kontingennya. dan masih banyak lagi kegiatan yang lainnya.

 

Pada kesempatan lain, kegiatan Pembinaan Karangtaruna yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Pleret pada 26 Februari 2019 jam 20.00 WIB lalu berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta yang dihadirkan adalah dari perwakilan seluruh Karangtaruna Desa Se Kecamatan Pleret, serta pengurus karangtaruna Kecamatan Pleret. Hadir dalam acara tersebut dari Dinas Sosial P3A Kabupaten adalah Bp. Sarifudin Ansori, S.ST; Ketua Umum Karangtaruna Kabupaten Bantul, Nur Kholis, serta pengurus Karangtaruna Kabupaten Bantul lainnya yakni Sutrisno, dan Sri Hardono yang juga sebagai TKSK Kecamatan Pleret dan MPKT Kecamatan Pleret.

 

Nur Kholis mengatakan bahwa dirinya adalah ketua umum terpilih pada Temu Karya Karangtaruna Kabupaten Bantul 2019 dan formatur masih terus membahas personil-personil yang akan dimasukkan dalam kepengurusan Karangtaruna Kabupaten Bantul periode 2019 – 2024 ini, sehingga partisipasi aktif dari seluruh karangtaruna se Bantul sangat diharapkan. “Setelah kepengurusan selesai dibentuk, akan segera diproses untuk SKnya selanjutnya dilaksanakan pengukuhan,” demikian ujarnya. #R-na

 

 

Komentar atas Temu Karya Karangtaruna Samudrayasa Tidak Lama Lagi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License