Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WIB

  • Visi

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Segoroyoso harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka Menengah yang ingin diraih oleh Kepala Desa / Lurah  yang dirumuskan selama 6 tahun kedepan. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai Visi Kepala Desa / Lurah.  Adapun Visi Kepala Desa / Lurah Desa  Segoroyoso adalah sebagai berikut :

”MENUJU DESA SEGOROYOSO TAHUN 2019 YANG AGAMIS, BERBUDAYA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

  •    Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi Kepala Desa / Lurah desa Segoroyoso seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi desa Segoroyoso sebagai berikut:

 

  1. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, amanah dan terbuka berorientasi pada optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.
  2. Mendorong berkembangnya kualitas sumber daya manusia Desa Segoroyoso yang dilandasi nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya (saling asih, saling asah dan saling asuh) untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan modern dengan landasan moral agama yang punya kepedulian terhadap lingkungan.
  3. Peningkatan sarana dan prasarana dasar untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan pelayanan publik dengan slogan ; senyum, cepat dan tepat.
  4. Memanfaatkan potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.
  5. Memberdayakan potensi lembaga keuangan mikro berbasis masyarakat untuk mendorong usaha ekonomi masyarakat.
  6. Memberdayakan masyarakat melalui partisipasi aktif dalam pembangunan.
  7. Mewujudkan lingkungan yang bersih, aman, tertib dan nyaman.

 

Visi Misi Tahun 2021 - 2026

Visi :

Melanjukan pengabdian unttuk masyarakat Segoroyoso dan memberikan pelayanan secara bertanggungjawab, ngesuhi, ngayomi masyarakat Kalurahan Segoroyoso.

 

Misi :

a. Mewujudkan pelayanan yang profesional melalui peningkatan tata kelola pemerintahan kalurahan yang responsif, akuntabel, dan transparan.

b. Mewujudkan kehidupan sosial budaya yang dinamis dan damai.

c. Meningkatkan kualitas kehidupan dan kesehatan masyarakat.

d. Mewujudkan peri kehidupan beragama dan sosial budaya yang lebih dinamis dan damai.

e. Meningkatkan potensi dan daya dukung lingkungan untuk menciptakan peluang usaha.

f. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik yang partisipatif.

g. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana prasarana umum, pemanfaatan sumber daya alam dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan risiko bencana.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License