Kesempatan Menciptakan Lapangan Kerja Baru adalah Salah Satu Bonus Demografi

Administrator - R-na 11 Desember 2019 13:28:32 WIB

Segoroyoso – Pemerintah Desa Segoroyoso melalui Bidang Pemerintahan mengadakan pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Desa bagi Karangtaruna dengan tema Peran Pemuda dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu, 8 Desember 2019 bertempat di pendopo Balai Desa Segoroyoso tersebut berjalan dengan lancar. Selain dari Karangtaruna, hadir pada kesempatan tersebut adalah lurah Desa Segoroyoso, Babinkamtibmas Desa, dan MPKT.

Dalam sambutannya Lurah Desa Segoroyoso, Bpk Miyadiana menyampaikan bahwa menjadi pemuda itu harus berani, meskipun secara jumlah hanya sedikit tetapi harus diiringi dengan semangat yang besar. Selagi ada kesempatan, maka gunakan untuk kemaslahatan umat.

Sedangkan nara sumber pada kesempatan tersebut adalah Baniady Gennody Pronosokodewo, SE, M.Si., Ak. menyampaikan bahwa menurut Bappenas (2018) penduduk Indonesia akan mencapai kondisi 'bonus' demografi pada tahun 2030 mendatang, dimana diperkirakan jumlah penduduk lansia atau 60 tahun keatas hanya mencapai 19,85% dan selebihnya adalah penduduk pada usia muda dan produktif. Kelebihan bonus demografi: banyak tenaga kerja produktif yang berperan aktif membangun perekonomian bangsa, banyak kesempatan untuk membuat komoditas baru, kesempatan menciptakan lapangan kerja baru, istilah kerja bukan lagi untuk orang kantoran.

Namun bonus demografi akan menjadi kelemahan apabila : hanya menjadi manusia konsumtif, tidak memiliki inisiatif, kreativitas, dan inovasi; tidak dapat menerima dan menyesuaikan perubahan, robot lebih diutamakan daripada manusia. Sebagai pemuda hal-hal untuk menghadapi era revolusi itu adalah: mengikuti perkembangan teknologi dan manfaatkannya, pikirkan apa   yang dapat     dilakukan   untuk menghasilkan uang sehingga diperlukan kreativitas, maka saat ini mulai lakukan dan jangan takut gagal.#R-na

Komentar atas Kesempatan Menciptakan Lapangan Kerja Baru adalah Salah Satu Bonus Demografi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License