Pastikan Anda Tercatat Sensus Penduduk Online (SPO)

Administrator - R-na 13 Maret 2020 16:57:26 WIB

Segoroyoso – Kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.  Mengutip pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan Republik Indonesia, 2019 bahwa Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan.

Adapun dasar dari penyelenggaraan SP 2020 adalah UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, PP NOmor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dan UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Cara melakukan sensus penduduk online adalah: buka palikasi browser internet pada perangkat telepon genggam, tablet, laptop, atau computer. Klik laman resmi (website) sensus.bps.go.id dan lakukan login. Isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap. Unduh bukti telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online pada tampilan halaman terakhir. Selesai.

Sensus Penduduk Online (SPO) ini diperlukan sebagai partisipasi aktif karena dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan SPO yaitu 15 Februari s/d 31 Maret 2020. Selain itu juga optimalisasi teknologi internat dikarenakan literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik. Dan budaya cinta data yakni menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.

Pencatatan dilakukan terhadap Warga Negara  Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang telah dan akan tinggal selama minimal satu tahun di Indonesia yang berada di seluruh wilayah Indonesia (termasuk perwakilan RI yang ada di luar negeri/territorial Indonesia beserta keluarga).#R-na

Komentar atas Pastikan Anda Tercatat Sensus Penduduk Online (SPO)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License