Pamong Segoroyoso Ikuti Vaksin Covid-19

Administrator - R-na 18 Maret 2021 15:49:26 WIB

Segoroyoso  (18/03/2021) – Pamong Kalurahan Segoroyoso pada hari ini, Kamis (18/03/2021) mengikuti vaksinasi covid-19 Tahap 1. Vaksinasi dilaksanakan secara serentak oleh Puskesmas Pleret bertempat di Pendopo Balai Desa Wonokromo. Sebanyak 21 orang  pamong kalurahan Segoroyoso mengikuti vaksinasi tersebut.

Dalam pelaksanaannya, vaksinasi dilakukan sesuai urutan kedatangan diawali dengan mengisi daftar hadir dan pemberian form. Selanjutnya peserta vaksin melakukan cek kesehatan yang terdiri dari cek suhu tubuh, tekanan darah, serta gula darah. Untuk peserta yang kondisinya tidak memenuhi syarat misalnya tekanan darah terlalu tinggi ataupun gula darah tinggi, maka pemberian vaksin ditunda. Namun bagi peserta yang memenuhi syarat selanjutnya mengikuti tahapan berikutnya yakni screening. Screening meliputi riwayat kesehatan yang bersangkutan, penyakit yang pernah diderita, perjalanan luar kota, maupun riwayat kontak dengan pasien positif covid-19 selama 14 hari terakhir. Apabila dari hasil screening dokter menyatakan lolos untuk pemberian vaksin, maka dilakukan vaksinasi terhadap pasien dengan cara disuntikkan secara umum pada lengan kiri peserta. Peserta akan menerima hasil 30 menit kemudian, serta menerima kartu untuk vaksinasi Tahap 2. Adapun vaksinasi Tahap 2 akan dilaksanakan 2 minggu kemudian.

Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan dan tidak 100% membuat kebal dari covid-19.

 Adapun tujuan utama diadakan vaksinasi Covid-19 adalah untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat, dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Pemberian vaksin covid-19 dilakukan dengan cara disuntikkan pada lengan seseorang. Efek dari pemberian vaksin adalah macam-macam tergantung dari kekebalan tubuh masing-masing. Namun sudah disarankan oleh tim medis jika setelah pemberian vaksin terdapat keluhan pusing, mual, hingga muntah segera untuk menghubungi dokter.

Hal-hal yang tetap harus diperhatikan meskipun sudah mendapatkan vaksinasi adalah tetap mengikuti prokotol kesehatan dengan memakai masker dengan benar, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir.#R-na

Komentar atas Pamong Segoroyoso Ikuti Vaksin Covid-19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License