Putaran Terakhir PSN dengan ABJ 83%

Administrator - R-na 03 Desember 2021 13:15:03 WIB

Segoroyoso (03/12) – Kegiatan monitoring pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada hari ini Jum’at (03/12/2021) bertempat di Pedukuhan Jembangan dengan sampel wilayah RT 01 dan RT 02. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Kepala Puskesmas Pleret dr. Erni Rochmawati beserta timnya, tim dari Kapanewon Pleret yakni Kepala Jawatan Sosial Bp. Marji Hidayat, PLKB Pleret, tim kalurahan yang dipimpin oleh Kamituwo, dukuh, sera kader jumantik Jembangan. Sedangkan hari ini adalah putaran terakhir PSN di tahun 2021.

Meskipun dalam suasana hujan, namun tim tetap semangat dalam mengunjungi dari rumah ke rumah dengan jumlah  kunjungan yakni 58 rumah, sebanyak 10 rumah positif jumantik, dan 48 rumah negative jumantik. Dari hasil tersebut diperoleh Angka Bebas Jentik (ABJ) 83%. Angka ini masih dibawah standar yang ditetapkan pemerintah yakni minimal 95%.

Jumantik ditemukan pada barang-barang bekas yang berada di luar rumah seperti ban bekas, botol-botol bekas, tempat minum makanan ternak terutama burung, serta tempat cuci tangan.  Namun untuk kondisi tempat penampungan air serta kamar mandi sudah banyak yang menggunakan ember plastic sehingga tidak dijumpai adanya jentik-jentik nyamuk.

Namun demikian disarankan kepada masyarakat untuk lebih rajin dalam menguras tempat-tempat penampungan air terlebih lagi saat ini musim penghujan sehingga menyebabkan rawan terjadi genangan air di mana-mana.#R-na

Komentar atas Putaran Terakhir PSN dengan ABJ 83%

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License