Kenakalan Remaja Perlu Diantisipasi

Administrator - R-na 31 Oktober 2022 14:10:51 WIB

Segoroyoso (31/10) – Bertempat di Pendopo Balai Kalurahan Segoroyoso pada Minggu (30/10) melalui Jogoboyo mengadakan kegiatan Pembinaan Kamtibmas. Hadir sebagai nara sumber dalam giat tersebut adalah Kanit Binmas Polsek Pleret Ipda Tobroni serta Bhabinkamtibmas Segoroyoso Aipda Nur Hadiyanto. Giat diikuti oleh Plt. Carik Rusgiyanti, plt. Jogoboyo Sriyanto, Babinsa, dukuh,  kader kadarkum pedukuhan, perwakilan kelompok Siskamling dari masing-masing pedukuhan.

Dalam penyampaiannya, nara sumber pertama Aipda Nur Hadiyanto mengatakan bahwa “Kita harus bijak dalam bermedia social, apabila tidak berhati-hati dan bijak dalam bermedia social dapat dijerat dengan UU ITE seperti misalnya pencemaran nama baik melalui media social, share perbuatan asusila, memposting yang bermuatan perjudian, dan penyebaran berita yang tidak benar (hoax).”

Ia juga menambahkan “Selain hal itu kita juga perlu melaksanakan pola hidup sehat yaitu dengan hidup bersih, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengurangi makanan cepat saji.” Demikian imbuhnya.

Adapun nara sumber kedua Kanit Binmas Polsek Pleret, Ipda Tobroni menyampaikan perihal kenakalan remaja. “Pasal 14 ayat (1) Huruf C tentang Tugas Polri adalah membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan. Adapun tawuran antar remaja bisa digolongkan kenakalan remaja. Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja : reaksi frustasi diri, gangguan berpikir dna intelegensia pada diri remaja, kurangnya kasih sayang orang tua/keluarga, kurangnya pengawasan dari orang tua, dampak negative dari perkembangan teknologi modern, dasar-dasar agama yang kurang, tidak adanya media penyalur bakat/hobi, masalah yang dipendam, keluarga broken home, pengaruh kawan sepermainan, dan lain-lain. Sebagai upaya untuk mengendalikan kenakalan remaja adalah dengan menerapkan setiap butir budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan juga di luar sekolah.” Demikian pungkasnya.#R-na

 

 

Komentar atas Kenakalan Remaja Perlu Diantisipasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License