Rangkaian Pelaksanaan Pemilu 2024 di Segoroyoso Berjalan Lancar dan Kondusif

Administrator - R-na 20 Februari 2024 18:09:58 WIB

Segoroyoso (20/02) – Rangkaian pelaksanaan Pemilu 2024 di Segoroyoso berlangsung aman dan lancar. Sebelumnya yakni Selasa (13/02) dilaksanakan pendistribusian logistic ke 27 TPS. Pendistribusian logistik dilaksanakan oleh PPS mendapat pengawalan dari Linmas desa, babinsa maupun babhinkamtibmas. Pendistribusian logistic menggunakan 2 armada yang bertujuan agar KPPS tidak terlalu lama menunggu.

Pelaksanaan pemungutan dilaksanakan di masing-masing TPS, diawali dengan pengambilan sumpah janji oleh ketua KPPS. Secara umum pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Adanya kekurangan surat suara di salah TPS menyebabkan PPS harus mencari sisa surat suara di TPS lain mengingat kekurangan tersebut sebanyak 100 lembar dari jumlah DPT yang ada. Meski pada akhirnya dapat tertangani, tetapi hal ini tentunya menjadi catatan agar dalam packing surat suara lebih cermat dan hati-hati, benar-benar disesuaikan dengan DPT yang ada ditambah cadangan sebanyak 2% dari DPT.

Proses yang membutuhkan waktu cukup lama adalah rekapitulasi penghitungan suara. Termasuk pengisian C Salinan Hasil, dimana dokumen tersebut wajib membubuhkan tanda tangan basah dengan lembaran-lembaran yang tidak sedikit. Penyampaian hasil dan pengiriman dari TPS ke PPK paling cepat dilaksanakan oleh TPS 16 Segoroyoso, yang kemudian diikuti oleh TPS 6, dan TPS lain.

Rekapitulasi penghitungan suara di Tingkat PPK dilaksanakan mulai tanggal 16 Februari 2024 yang dilaksanakan di Kapanewon Pleret. Dalam proses rekapitulasi dibuka 2 panel, untuk hari pertama adalah Segoroyoso dan Wonolelo. Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK ada TPS yang harus membuka kotak untuk menyelesaikan selisih yang ada. Namun demikian semuanya berjalan dengan lancar dan tertib. #R-na

Komentar atas Rangkaian Pelaksanaan Pemilu 2024 di Segoroyoso Berjalan Lancar dan Kondusif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License