Pendataan SDGs Segoroyoso Capai Angka 100%

Administrator - R-na 28 April 2022 13:02:35 WIB

Segoroyoso (28/04) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Dr (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar M.Pd. beserta Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, pada Rabu (27/04/2022) mengunjungi dua kalurahan di Kabupaten Bantul yaitu Kalurahan Segoroyoso, Kapanewon Pleret dan Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo. Kunjungan tersebut dalam rangka Gelar Pembacaan dan Pemanfaatan Data SDGs Desa (Sustainable Development Goals atau Pembangunan Berkelanjutan di Desa).

Turut serta dalam rombongan tersebut adalah berbagai OPD yang ada di Kabupaten Bantul, Panewu Pleret, Danramil Pleret, Kapolsek Pleret yang disambut baik oleh Lurah beserta pamong Kalurahan, Bamuskal, LKKal, enumerator, serta tokoh masyarakat.

Penyampaian paparan oleh Carik Segoroyoso Tri Astuti, S.Pd.T yakni dengan menyampaikan 18 point dalam SDGs yang memuat diantaranya tentang jumlah penduduk, angka kemiskinan, kebutuhan masyarakat, jaminan kesehatan, dan lain sebagainya.

18 Point menjadi pondasi penting dalam menentukan pembangunan berkelanjutan di desa. “Perencanaan pembangunan harus benar-benar mengakar atau berasal dari budaya masyarakat setempat. Kalurahan Segoroyoso, Kapanewon Pleret termasuk salah satu kalurahan yang sukses dalam pemutakhiran data di SDGs secara 100%”, demikian disampaikan oleh Gus Menteri demikian sapaan akrab Mendes PDTT Republik Indonesia tersebut.

Ia juga menambahkan “Bahwa Kalurahan Segoroyoso tidak perlu ada perubahan data secara berkala. Setiap saat ada perubahan data, segera lakukan pembaharuan. SDGs itu dari desa, oleh desa, dan untuk desa”.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dalam kesempatan yang sama menyampaikan “Gunakan, baca, dan manfaatkan SDGs sehingga langkah pembangunan yang disusun benar-benar berbasis data. Bedah SDGs diharapkan bisa mendapatkan arahan yang jelas karena pada kenyataannya masih terdapat permasalahan yang harus diselesaikan. Bantul menjadi bahagia, sejahtera, dan harmonis bagi seluruh warganya”, demikian pungkasnya.

Sebagai apresiasi dari Kemendes PDTT kepada Kalurahan Segoroyoso Mendes PDTT memberikan penghargaan secara langsung kepada Lurah Segoroyoso, Miyadiana. Selanjutnya sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih atas kunjungan Kemendes PDTT , Kalurahan Segoroyoso memberikan cinderamata kepada Mendes PDTT berupa produk lokal yang merupakan ciri khas Segoroyoso yakni rambak asin.#R-na

 

 

Komentar atas Pendataan SDGs Segoroyoso Capai Angka 100%

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License