Upacara Wiwitan Sebagai Wujud Syukur Hasil Panen

Administrator - R-na 10 September 2024 15:47:40 WIB

Senin (09/09) – Gapoktan Tirtoyoso pada Kamis (29/08) mengadakan upacara wiwitan bertempat di wilkel dul guwo. Upacara wiwitan dipimpin langsung oleh Lurah Segoroyoso Bapak Miyadiana dan diikuti oleh Gapoktan Tirtoyoso I, KWT, petani, serta masyarakat lingkungan sekitar.

Tujuan diadakannya upacara wiwitan adalah selain sebagai wujud syukur atas hasil panen, juga merupakan nguri-nguri kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang. Karena budaya merupakan warisan tak benda.

Upacara diawali dengan menyalakan kemenyan oleh Lurah Segoroyoso Bapak Miyadiana, kemudian dilanjutkan membaca doa, bersyukur kepada Tuhan YME atas hasil panen semoga memberikan manfaat dan barokah serta hasil panen selanjutnya dapat melimpah. Panen padi diawali oleh Bapak Lurah Segoroyoso memanen padi dengan cara diani-ani selanjutnya padi diikat seperti ekor bentuk kelabang.

Pada upacara tersebut dilengkapi dengan menu nasi wiwit dengan lauk gereh pethek, sambel gepeng, gudhangan, dilengkapi dengan dawet dan pisang sanggan. Sajian tersebut kemudian diberikan kepada anak-anak maupun petani yang ada disekitar. Dan selanjutnya diadakan makan bersama disawah.#R-na

Komentar atas Upacara Wiwitan Sebagai Wujud Syukur Hasil Panen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License